Selasa, 27 Maret 2012

Cara Membuat Kripik Gadung jadi Gurih


Jika ada berkunjung ke Kota Kuningan - Jawa Barat, dalam rangka bersilaturahim atau ada acara keluarga, urusan kantor lebih lebih urusan undangan pernikahan. Tidak luput dari oleh yang dibawa baik beli atau diberikan oleh tuan rumah sebagai oleh - oleh khas kuningan. Jika dalam oleh oleh tersebut terdapat satu kantung " kripik gadung mentah" syukurnya kalau sudah jadi. Jangan bingung bagaimana cara mengolahnya supaya digoreng garing dan gurih. Tips ini mungkin sedikit berguna.

Karena kelamaan penyimpanan kripik gadung mentah, biasa sedikit mau apek untuk menyiasatinya bisa dicuci berulang ulang dengan air dan ciumlah  jika sudah tidak bau apek seterlusnya ditiriskan. Untuk membuat bumbunya diperlukan bahan-bahan sebagai berikut :
  1. Bawang Putih
  2. Ketumbar 
  3. Garam
  4. Gula putih
Campurkan 4 bahan di atas dengan takaran disesuaikan dengan bahan yang akan dibumbui (prakiraan Anda menentukan kegurihan setelah kripik gadung digoreng). Dengan menggunkan cobek atau blender bumbu (jangan lupa beri sedikit air untuk blender). Setelah  bumbu halus berikan air matang secukupnya dan kripik gadung yang sudah ditiriskan dicampur dengan bumbu tersebut dan ratakan.

Angkat kripik gadung mentah yang sudah dicampur dengan bumbu dan tiriskan ulang atau langsung taruh dalam tampah untuk dijemur dalam panas matahari. Setelah kering siap untuk digoreng. Cara menggoreng kripik gadung sama dengan menggoreng kripik emping " minyak goreng harus benar benar panas atau mendidih" masukan satu sampai tiga kripik gadung jika wajan ukuran sedang. Tiriskan "jangan memakan kripik gadung panas panas dan memakannya dengan wajit/wajik/dodol manis jika tidak mau mabuk ringan".

Selamat mencoba dan menikmati ....

2 komentar :

Terima Kasih sudah berkunjung

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti