merubah mental model penggunaan aplikasi bajakan

sumber gambar

Judulnya saja bingung apalagi menerapkannya, tahu kan mental model itu tuh model kepribadian yang melekat pada setiap manusia dari proses yang cukup panjang yang dialaminya dan sulit dirubah kecuali dengan kesadaran penuh ingin merubahnya.

Tutorial Libre Office bagi yang baru belajar kaya saya, coba cari tutorial di mbah google banyakan ada juga bisa di unduh disinidisini dan bahasa inggris silahkan pilih disini

Apa hubungannya dengan penggunaan aplikasi perkantoran open source Libre office. Masyarakat pada umumnya di Indonesia sejak mengenal yang namanya komputer dan bergesekan dengan dunia penulisan media digital pastinya dipaksakan untuk bisa menggunakan MS Office yang lebih duluan lahir sebelum program perkantoran open source yang nota bene bebas dipakai dan dimodifikasi. Eit ...tentang modifikasi, dalam pencuci otak didunia perdagangan tidak boleh memodifikasi suatu program ini pun akhirnya pengguna hanya menerima apa adanya dengan kata lain pembunuhan kreative atau pembodohan yang terselubung dari program yang dibuat.

Sudah berapa tahun Anda mengenal pengetikan digital ? 5 tahun kah atau lebih dari 10 tahun ?! dalam kurun waktu itu sudah terpapar penggunaan aplikasi bajakan yang dipaksakan atau kepaksa untuk menggunakannya. Sangat sulit merubah kebiasaan merubah ke aplikasi baru.

Diperlukan peraturan penggunaan aplikasi Open Source dan kebijakan institusi pemerintah dalam membudayakan aplikasi Open Source mulai dari tingkat pusat sampai UPT dengan slogan anti bajakan. Bukannya sekarang lagi gencar gencarnya Anti Korupsi dengan KPK nya tetapi korupsi dan pembajakan tidak sama modelnya yah ? walaupun sama sama salah tapi korupsi pastinya peringkat pertama.

Pembuat aplikasi sengaja membuat pengguna ketagihan seperti produk makanan dan minuman, bagi telah mampu menggunakan aplikasi pengetikan tentunya ada suatu dorongan emosi jika tidak menggunakan aplikasi tertentu yang dikuasainya serasa ada yang kurang, tidak konsentrasi, tidak nyaman dan sulit ....banyak deh alasannya

Tidak mau merubah diri sendiri, mungkin itu yang paling cocok menggambarkan tidak mau menggunakan aplikasi perkantoran yang open source bagi semua pengguna aplikasi perkantoran terutama bagi Institusi Pemerintah. Jika anda bekerja di instansi pemerintahan coba tanya sama IT nya berapa persen pengguna yang menggunakan aplikasi open source ? pastinya sedikit dibanding penggunaan aplikasi berbayar atau bajakan.


Persiapan : Belajar Dulu, jadi siasatnya adalah menggunakan aplikasi perbayar untuk tugas rutin dan aplikasi Libre office untuk pengetikan skala kecil

Mulai sekarang gunakan aplikasi Open source, ngak mau ribet pakai yang portable lihat dan unduh disini


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Ajah

Bendera Fumigasi Kapal

Name Tag di Lingkungan Kementerian Kesehatan