- Awali pekerjaan Anda dengan Doa

Rabu, 25 November 2009

Cara melihat Cahaya Infra Merah / Infra Red





Kadang untuk melihat sesuatu diperlukan alat salah satunya panca indera kita sendiri. Tetapi cahaya infra merah / infra red tidak demikian, hal ini terjadi karena infra red tidak dapat tembus benda yang menghalanginya untuk menjangkau receiver atau butuh pantulan, karena sifatnya cahaya. beda dengan blue tooth yg menggunakan frekuensi radio (RF) (2,4 GHz) untuk membroadcast sinyal. Yang namanya cahaya pasti kelihatan kan tetapi beda dengan infra merah ini kenapa tidak bisa meliat cahaya infra merah dengan mata telanjang.....karena panjang gelombang cahaya yang dapat diterima mata kita hanya sebatas warna RGB (Red, Green, Blue) pada dasarnya. padahal diluar itu masih ada cahaya2 lainnya seperti : X-Ray, Infrared, Ultraviolet (UV), cosmic rays DLL.

Maka untuk melihatnya Kita memerlukan peralatan sebagai beerikut :
  1. Kamera digital /Handphone berkamera
  2. Remote Tv/ AC/Speaker ( yang dipunyai oleh anda yang penting berjenis remote yang mengirimkan sinyal)
Caranya adalah :
  1. Arahkan remote dan tekan on ke mata anda (tanpa bantuan kamera digital /handphone) dan hasilnya cahaya itu tidak akan terlihat !?
  2. Sekarang siapkan Kamera digital / handphone, dan arahkan remote tersebut kearah layar dan tekan terus on remote tersebut, apa yang terjadi ?! Kelihatkan dan berwarna merah keungu2an / pink / magenta itulah cahaya inframerah, yang dapat dilihat oleh mata dengan bantuan elektronik..( karena layar kamera digital/handphone kita memvisualkan warna inframerah menjadi bagian yg sederhana yaitu RGB sehingga dapat ditangkap oleh mata kita)
Jangan lupa abadikan hasil tersebut dan klik deh tombol pengambilan gambar dan hasilnya seperti gambar di atas
Bagaimana dengan sinar yang lain, seperti cahaya matahari (lihat saja pelangi hehehe) ..... Semoga bermanfaat, selamat mencoba

2 komentar:

  1. infonya ok juga kang, hal ini berguna kalo kita mo beli remote(remote apapun), kalo sipenjual ga punya pengetest remote, kita bisa gunakan cara tersebut diatas. jadi kalo infra rednya keliatan berarti remotenya ok

    BalasHapus
  2. Bisa juga tapi apa ribet ngak hehehe

    BalasHapus

Bertutur sapa yang sopan dan tidak memberikan link spam. terimakasih

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti