- Awali pekerjaan Anda dengan Doa

Senin, 09 Mei 2011

JEJARING DAN KEMITRAAN DALAM RANGKA UPAYA KESEHATAN DAN LINTAS WILAYAH TAHUN 2011

Photo Bersama
Pelaksanaan jejaring kerja dan kemitraan yang telah diselenggarakan pada tanggal 02 s/d 04 Maret 2011 di Resort Prima Cipayung, Bogor, Jawa Barat, dengan tujuan meningkatkan koordinasi dalam pengendalian IMS dan HIV/AIDS di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok dan sekitarnya. Dalam jejaring  ini diikuti oleh lintas program, lintas sektor  serta stake holder terkait, dengan jumlah peserta sebanyak 30 peserta. Dalam sambutan Kepala KKP menyampaikan bahwa tentang penyakit IMS salah satunya HIV/AIDS, Penyakit HIV/AIDS ini sampai sekarang belum ada obat yang dapat menyembuhkannya sehingga tindakan – tindakan pencegahan merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dilakukan. 

Pengendalian IMS dan HIV/AIDS merupakan masalah yang sangat kompleks karena menyangkut masalah ekonomi terutama bagi Pekerja Seks Komersial, masalah sosial dan lain-lain, sehingga mencegah penularan penyakit HIV/AIDS ini tidak mudah dilakukan terutama bagi mereka yang berisiko tinggi seperti Pengguna NARKOBA, Pelaku Seks bebas dan lain-lain. Oleh karena itu dibutuhkan usaha dari semua lapisan masyarakat baik swasta maupun pemerintah dalam mengendalikan penyakit HIV/AIDS ini.  Tujuan akhir dari Jearing ini adalah :
  1. Adanya kesepakatan tentang bagaimana kita bersama-sama melakukan pengendalian Penyakit IMS dan HIV/AIDS di lingkungan pelabuhan dan sekitarnya.
  2. Munculnya ide-ide baru atau program-program yang efektif dan efisien dalam menekan laju peningkatan kasus IMS dan HIV/AIDS di masyarakat.
  3. Kita dapat berbagi informasi atau sharing pendapat sesama peserta pertemuan sehingga dapat menjadi masukan bagi setiap institusi baik pemerintah maupun swasta dalam pengendalian penyakit IMS dan HIV/AIDS di Indonesia.
Dalam pertemuan jejaring ini disampaikan beberapa materi yaitu :

1.    Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Kesehatan Pelabuhan (download)
2.    Gambaran Epidemiologi IMS dan HIV AIDS (download)
3.    IMS Pendekatan Syndrom (download)
4.    Informasi Dasar HIV AIDS (download)
5.    Pengetahuan VCT (download)
6.    Program Pengendalian IMS dan HIV AIDS di KKP Kelas I Tanjung Priok (download)
7.    Rencana Tindak Lanjut dan hasil notulen setiap penyampaian materi  (download)

Dengan mekanisme jejaring dilaksanakan dengan cara penyajian pokok bahasan dan penyajian materi oleh nara sumber, tanya jawab dan diskusi. Hasil Jejaring dan Kemitraan Dalam Rangka Upaya Kesehatan dan Lintas Wilayah adalah adanya kesepakatan antara KKP Kelas I Tanjung Priok dengan  instansi lain, baik pemerintah maupun swasta dalam pengendalian IMS dan HIV/AIDS di wilayah pelabuhan dan sekitarnya dengan kegiatan sebagai berikut: :
  1.  Sosialisasi pengendalian penyakit IMS dan HIV/AIDS di instansi masing-masing
  2. Penemuan kasus IMS dan HIV/AIDS dengan cara mengatur screening bagi karyawannya
  3. Pengobatan IMS dan HIV/AIDS di lingkungan pelabuhan dan sekitarnya
  4. Bekerjasama dalam melaksanakan VCT bagi orang yang beresiko tertular HIV/AIDS dengan cara mengarahkan orang yang beresiko untuk melakukan VCT
Jumlah undangan adalah terdiri dari Kepala Otorita Pelabuhan Tanjung Priok, Syahbandar Kelas Utama Tanjung Priok, Ka. Porles Pelabuhan Tanjung Priok, General Manager PT. (Persero) Pelindo II Cabang Tanjung Priok, Ketua Insa Jaya, Ka.Bag. Tata Usaha KKP Kelas I Tanjung Priok, Ka. Bid. PKSE KKP Kelas I Tanjung Priok, Ka. Bid. PRL KKP Kelas I Tanjung Priok, Direktur Multi Terminal Indonesia,  Ketua Koperasi Pegawai Maritim,  Ketua Koperasi TKBM Tanjung Priok,  Ketua Koperasi TKBM Sunda Kelapa, Kepala Puskesmas Kali Baru, Ka. Poliklinik Dit. Polisi Perairan Baharkam POLRI, Ka. Wilker Kalibaru, Ka. Wilker Sunda Kelapa, Ka. Wilker Muara Baru, Ketua LSM Putri Mandiri, Ketua LSM GEMA INDONESIA, Ketua LSM YAP, Ketua LSM EKODESA, Ketua LSM Tegak Tegar, Ketua Kelompok Sadar Pela-Pela,Staf Tata Usaha KKP Kelas I Tanjung Priok, dan Staf Bidang UKLW KKP Kelas I Tanjung Priok.

Photo jejaring bisa di lihat di klik kanan new tab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bertutur sapa yang sopan dan tidak memberikan link spam. terimakasih

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti