Jumat, 23 September 2011

FSO. LENTERA BANGSA Terbakar Tanggal 23 September 2011


Dijelaskan Bambang, kapal tersebut berjenis floating storage and offloading (FSO). Nama kapal itu adalah MT Lentera Bangsa berbendera Indoensia dengan gross tonage (GT) 6,7957. Kebakaran berasal dari kamar mesin.

“Semua ABK selamat dievakuasi ke kapal lain dan 4 orang luka. Dan sampai pukul 10.00 WIB, api sudah mulai mengecil dan masih dilakukan pemadaman," terang Bambang.


Sedikitnya empat orang mengalami luka bakar, dan satu lainnya hingga kini belum ditemukan saat terjadinya peristiwa kebakaran yang melanda Kapal Lentera Bangsa di area pengeboran minyak PT CNOOC, di perairan Pulau Pabelokan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jumat (23/9) sekitar pukul 09.00. Hingga berita ini diturunkan, petugas dari Basarnas dan Polres Kepulauan Seribu masih berupaya mengevakuasi para korban kebakaran tersebut.

Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Hero Hendrianto Bachtiar mengatakan, kapal yang terbakar merupakan jenis kapal tanker. Diduga, api berasal dari ruang mesin kapal. Namun, apa penyebabnya,


Proses penanggulangan dan evakuasi KM Lentera Bangsa, menurut Bambang, dapat dilakukan dengan bantuan dari KN Trisula dan KN Alugara yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok. “Penyebab pastinya belum diketahui, tapi api dilaporkan berasal dari kamar mesin,” kata Bambang.
Bambang menyatakan, para awak dan anak buah KM Lentera Bangsa sudah dapat dievakuasi dan diselamatkan. “Jumlah totalnya belum diketahui, tapi empat ABK mengalami luka berat,” katanya. Ia juga menyatakan, empat ABK ini dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.


Kapal tengker Lentera Bangsa terbakar di sekitar perairan, Pulau Pabelokan, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Jumat (23/9). Dalam peristiwa itu satu orang hilang dan empat orang anak buah kapal (ABK) luka bakar dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.
Camat Kepulauan Seribu Utara, Atok Baroni Hidayat mengakui adanya peristiwa tersebut. “Empat orang yang luka dua serius dan dua lainnya luka ringan serta satu orang sampai saat ini belum ditemukan,”jelas Camat.


Kapal tanker Lentera Bangsa terbakar di area pengeboran lepas pantai PT CNOOC, Perairan Pulau Seribu, Jakarta Utara, Jumat 23 September 2011 pukul 09.00 WIB pagi tadi.

"Belum diketahui penyebab terbakarnya kapal tersebut. Yang baru kami terima ada korban luka 3 orang. Hingga kini kami masih menunggu kabar detail tentang kronologis dari pihak perusahaan atas kejadian tersebut," ucap Kapolres Pulau Seribu AKBP Hero Hendrianto Bachtiar. 


Informasi terbaru hingga Jumat (23/9/2011) siang menyebutkan, sebanyak satu orang hilang dan empat orang lainnya mengalami luka bakar dalam peristiwa kebakaran kapal tanker Lentera Bangsa di lepas pantai Jakarta, Kepulauan Seribu. Kapal itu merupakan kapal sewaan yang biasa mengangkut minyak dan karyawan pengeboran minyak PT Sinok.
Hal ini diungkapkan oleh Kapolrestro Kepulauan Seribu Ajun Komisaris Besar Hero Bachtiar, Jumat, saat dihubungi wartawan. Informasi sementara, kata Kapolrestro, satu orang hilang dan empat orang luka bakar. Dua orang mengalami luka serius dan dua lagi luka ringan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti