- Awali pekerjaan Anda dengan Doa

Jumat, 24 Mei 2013

Ukuran Kertas

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/8a/A_size_illustration.svg/220px-A_size_illustration.svg.png

Kenapa menjadi topik hari ini ? alasannya adalah banyak pengguna di Indonesia hanya mengenal kertas dengan ukuran A4 , F4 (Folio) dan A3. ukuran kertas yang sering dipakai di perkantoran untuk media print. Sedangkan ukuran letter dan legal merupakan standar kertas di Amerika. Jika kita ingin tahu lebih banyak ukuran kertas bisa berkunjung ke wikipedia tentang ukuran kertas lengkap dengan gambar dan ukurannya.

Setelah tahu ukuran kertas, gunanya buat apa ? ini pertanyaan yang konyol tetapi jangan pesimis dulu memang kebanyakan orang tidak tahu jika tidak terlibat masalah tentang mencetak. Jika sudah tahu tentunya banyak manfaatnya.


  1. Dengan isu Go Green menghemat sumber alam tentunya, sudah pada tahu membuat kertas tidak semudah yang dibayangkan. 
  2. Menghemat kertas dan bisa menekan biaya pengadaan kertas.
  3. Hasil layout di komputer dengan hasil printout akan sama hasilnya.
  4. Menghemat tinta printer tentunya apalagi tinta original
  5. Memperpanjang umur (lho begitu ... jika menemukan masalah dalam mencetak apa tidak pusing dan stress ringan, stress akan memicu menurunnya kondisi tubuh).
Bagaimana jika akan mencetak suatu dokumen atau tulisan sedangkan pilihan  kertas printer pada mesin printer hanya ada legal. letter dan F4 tidak tersedia. Kertas yang tersedia hanya ada A4 dan F4. Jika mencetak dengan kertas A4 sedangkan settingan halaman dokumen menggunkan legal /letter, tentunya hasilnya tidak memuasakan dan hasil akhir footnote atau footer tidak tercetak.

ingin tahu jalan keluarnya ? 
  1. Setingan halaman (page setup) dokumen menggunakan kertas A4 jika kertas yang tersedia A4
  2. Cetak dokumen dengan pengaturan kertas A4
  3. Kertas A4 bukan kertas Kuarto !
Saya tidak punya kertas A4 atau dikantor adanya kertas F4 (Folio), bagaimana dong ?, caranya adalah :
  1. Cari tahu ukuran kertas F4/Folio standar Indonesia, ukurannya adalah (215 x 330 mm) (8.5 x 13 inch) F4/Folio  standar ISO. 
  2. Pengaturan kertas dokumen tentunya harus diatur dengan kertas F4, caranya pilih kertas pada Folio dan lakukan pengaturan dengan mengukur  kertas F4 anda dengan penggaris. Nilainya adalah lebar 21,50 cm dan panjang 32,50 cm {ukuran F4 yang saya beli} (betulkan ?) kenapa tidak sama ? karena ini kertas indonesia.
  3. Jika akan mencetak pilihlah printer dan klik properties, pilih kertas user defined, rubah nama menjadi Folio atur lebar dan panjang sesuai nilai pada no 2, dengan satuan cm terakhir save alias simpan. Klik oke dan Close.
  4. Lakukan pengecekan pengaturan halaman dan pastikan pilihan pada ukuran kertas Folio dengan ukuran 21.50 x 32.50. Jika semuanya sudah benar lakukan printer dengan pilihan kertas Folio.
Saya bingung kalau tidak ada gambar ?, hemmm .... oke lah saya sertakan gambar sesuai tahapan di atas. Semoga bermanfaat dan membantu.

Langkah Pertama
Langkah Kedua
Langkah Ketiga
Langkah Keempat
Langkah Kelima

1 komentar:

Bertutur sapa yang sopan dan tidak memberikan link spam. terimakasih

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti