Minggu, 16 Maret 2014

Sudah waktunya migrasi software, Gunakan Aplikasi Terbuka !!!

Salah satu perangkat lunak yang diperlukan oleh para pekerja baik pemerintah dan swasta adalah perangkat penulisan / software office. Penggunaan aplikasi tersebut sangatlah penting, sedangkan kesediaannya tentunya harus bayar sedangkan kebanyakannya pengguna atau user menggunakan aplikasi " pak tani / bajakan " baik sengaja atau tidak. Bagaimana di tempat kerja saudara ?. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka apapun bentuknya bahwa pembajakan itu adalah SALAH karena melanggar hak cipta orang atau perusahaan, bisa dibilang lebih ekstrim membajak dibenci orang banyak kecuali membajak sawah hehehe ...

Pada umumnya pengguna aplikasi penulisan hanya untuk kepentingan pengetikan, perhitungan dan slide presentasi, sedangkan aplikasi lainya tidak dipergunakan secara optimal. Yang lebih bawah tingkatannya hanya untuk pengetikan belaka. Jadi kenapa mereka masih menggunkan aplikasi yang wajib bayar. Penggunaan aplikasi berbayar akan meminta aktivasi setiap tahun, apakah Anda lakukan ? tentunya TIDAK dan akan meminta kepada IT untuk menggantinya. Apakah mengunakan aplikasi original bersertifikat ? belum tentu.

Penggunaan suatu aplikasi di instansi pemerintah dilakukan sekali dalam penentuan pembelian perangkat keras komputer dan belum tentu menggunakan aplikasi berbayar. Penggunaan perangkat keras dengan aplikasi berbayarnya akan memakan biaya lebih besar dalam pengadaan. Ada beberapa kasus IT rekanan yang nakal baik permintaan atau tidak, menggunakan aplikasi bajakan untuk menekan biaya lebih rendah.

Jadi penentuan apakah suatu instansi pemerintah menggunakan aplikasi berbayar atau aplikasi terbuka tergantung kepada bagian pengadaan barang, keputusan dan kebijakan pimpinan dan terakhir adalah kemauan dari pengguna aplikasi tersebut. Jika sekarang ada slogan dan usaha " jangan lakukan korupsi apapun bentuknya " maka jika masih menggunakan aplikasi bajakan, maka proses tersebut tidak akan terlaksana dengan baik dan lancar.

Saatnya para pembuat Undang Undang di pemerintahan menentukan atau memutuskan pengaturan penggunaan aplikasi tidak berbayar alias gratis. Para pejabat petinggi dengan IT nya mempromosikan penggunakan aplikasi terbuka, syukur syukur bisa donase atau nyumbang dalam pengembangan aplikasi terbuka tersebut. Sehingga biaya pengadaan perangkat lunak bisa ditekan ketitik NOL dan korupsi dalam bentuk lain bisa dimusnahkan secara nyata !.

Akan percuma dan sia sia jika pengunaan aplikasi terbuka hanya dilakukan oleh beberapa orang saja dalam suatu organisasi tersebut. Masalahnya apakah para pejabat dan pembuat keputusan PEDULI dan MAU BERUBAH  kearah lebih baik atau tidak ? ditambah para pengguna aplikasi tersebut tidak mau berubah menggunakan aplikasi terbuka karena sudah terlalu lama terbiasa menggunakan aplikasi berbayar versi bajakannya.

Jangan katakan ; Kamu pembohong, Kamu penipu, Kamu penjahat dan beserta teman temanya
Sebaiknya Legalkan Diri Anda dengan menggunakan aplikasi penulisan terbuka, SEKARANG JUGA, tunggu apalagi ....


Legalkan Diri Anda - Dapatkan OpenOffice.org

Apakah perangkat lunak office Anda legal? Berdasarkan gambaran yang dipublikasikan oleh Microsoft, 35% dari perangkat lunak di dunia adalah bajakan atau tidak legal.

Setelah bertahun-tahun menoleransi pembajakan sebagai sebuah bentuk pengamanan pangsa pasar secara tidak resmi, Microsoft sekarang mulai menyerang untuk memastikan salinan perangkat lunaknya sudah sah.
  • Mereka baru saja membeli sebuah perusahaan perangkat lunak yang mengkhususkan diri pada pendeteksian apakah perangkat lunak apa yang terinstal pada PC.
  • Mereka sekarang menggunakan internet untuk meletakkan perangkat lunak pendeteksian pembajakan pada salinan MS-Office pada PC pengguna.
  • di sekeliling dunia, Business Software Alliance menentukan skema untuk menghukum pelanggar - sebagai contoh, di UK (Inggris) mereka menawarkan sejumlah uang kas dalam jumlah besar bagi siapa saja yang memberikan informasi tentang organisasi.
  • Microsoft sendiri mengakui bahwa konsumen kesulitan untuk menjelajahi kompleksitas dari lisensi perangkat lunak - sangatlah mudah untuk melanggar aturan-aturan tersebut secara tidak sengaja.
Jika Anda memiliki sebuah salinan MS-Office di tempat kerja, sekola, rumah - apakah Anda yakin dari mana mereka berasal?

Untungnya, terdapat sebuah alternatif yang sepenuhnya legal dan gratis. OpenOffice.org 2 adalah sebuah suite office yang penuh fitur, serupa dalam hal fungsionalitas dengan MS-Office. OpenOffice.org 2 melakukan semua yang Anda perlukan: pengolahan kata, spreadsheet, presentasi, dan banyak lagi. Ia bahkan bisa menggunakan format berkas MS-Office (.doc, .xls, .ppt), sehingga Anda tidak perlu menulis ulang pekerjaan Anda. Selebihnya, ia melakukan beberapa hal yang tidak dilakukan MS-Office, seperti pembuatan berkas pdf untuk diberikan pada orang lain.

Jika Anda bisa menggunakan MS-Office, Anda bisa menggunakan OpenOffice.org 2. Riset menunjukkan bahwa sepuluh kali lebih murah untuk berpindah ke OpenOffice.org 2 daripada melakukan upgrade ke MS-Office 2007.

Sebuah jajak pendapat telah mengindikasikan 86% dari pengguna lebih memilih untuk mencoba OpenOffice.org 2 dari pada harus membeli MS-Office 2003.

Jadi apa yang Anda tunggu? Tidak ada ruginya mencoba. Jika Anda menyukainya, OpenOffice.org 2 tidak membebani apapun untuk digunakan selama Anda menyukainya, dimanapun Anda menyukainya. Kedamaian pikiran tanpa biaya.


Legalkan Diri Anda - dapatkan OpenOffice.org hari ini!
 ======================================================================
Panduan lengkap versi bahasa indonesia silahkan buka alamat web dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti