- Awali pekerjaan Anda dengan Doa

Jumat, 24 Oktober 2014

Membuat buletin dengan Microsoft Office Publisher 2013

Dalam perjalan sebagai pegawai negeri sipil yang selalu berkiprah dan bisa mengauasai aplikasi tidak selamanya mengalami jalan yanng mulus. Kenapa harus membuat media informasi karena jika institusi tanpa media informasi maka selama kegiatan yang dilaksanakan tidak akan diketahui oleh publik yang akhirnya menimbulkan kecurigaan dan prasangka buruk.

Salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya sebagai pembuat media komunikasi yaitu Microsoft Office Publisher. Dalam rangcangannya memelukan aplikasi pendukung lainnya karena memang Microsoft Office Publisher bukan aplikasi pengeditan photo.

Banyak aplikasi pengeditan layout majalah, yaitu : Pagemaker, Sribus (free), Coreldaw, Indesign dan lain lain. Disini penulis mengunakan Microsoft Office Publisher 2013 karena sudah tertanam di aplikasi Microsoft Office nya.

Yuk Kita MULAI :
Sebelum memulai jangan lupa berdoa dan siapakan cemilan dan air minum yang banyak yah, hahaha

PERSIAPAN
  1. Materi tulisan yang akan dimasukan sudah diedit dan dikoreksi oleh team editor (bentuk softcopy materi) dan sesuai persyaratan penulisan dengan aplikasi microsoft office word 2007/2010/2013/notepada/openoffice.
  2. Jenis hurup/font (yang mudah diingat dan simpel)
  3. Ukuran hurup (8/9/10/11 sesuai kebutuhan) 
  4. Spasi (1.15/ 1,25 sesuai kebutuhan)
  5. Gambar / photo yang sudah diedit dengan aplikasi pengolah gambar/photo (team desain grafis)
  6. Cover depan dan belakang (jika ada) sesuai dengan artikel paling baru dan disetujui oleh Pamred, diedit dengan aplikasi gambar (team desain grafis)
  7. Rancangan Layout/ halaman kolom sesuai kaidah yang ada atau hasil keputusan rapat
  8. Komputer / Laptop yang akan digunakan tidak mengganggu kelancaran dinas ( bisa menggunakan di luar jam dinas

PENGATURAN HALAMAN

Buka Aplikasi Microsoft Office Publisher 2007, pilih Newsletters atau Blank Page Sizes pilih ukuran A4 dan buat /create














Tentukan ukuran halaman 21x29,7 cm (A4) jika masih menggunakan mm, rubah ke cm dengan cara, klik Tools pilih Options, pada tab genelar pilih  measurement unit tentukan centimeter














Membuat Master page, arahkan krusor ke kiri klik (tanda  segitiga terbalik) Other Task Panes (tanda kotak) pilih Apply Master Page  pilih Apply to Page Range dan tentukan Select a master page halaman yang akan mengikuti Master page 














Menambah halaman baru, arahkan krusor ke bawah tanda kotak warna orange klik mouse kanan  pilih insert page atau duplicate atau apply master page (sesuai kebutuhan ) tentukan jumlah halaman dan posisi halaman














Pengaturan kolom tulisan bisa dilakukan pada layout master page, pada awal membuat dokumen publisher atau langsung dibuat pada halamannya. Pilih halaman yang akan dibuat kolomnya lakukan klik insert draw tex bok   membuat kolom dan laulan copy paste. Batas kolom diatur dengan mengklik atau drag. Perhatian kolom ini harus sama atau sesuai kebutuhan ( bersambung ....)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bertutur sapa yang sopan dan tidak memberikan link spam. terimakasih

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti