Rabu, 22 April 2015

AWUG makanan khas dari tatar Sunda

AWUG
Makanan khas jawa barat  ini terbuat dari tepung beras, gula merah, parutan kelapa dan aroma daun pandan. Rasanya begitu legit dan manisnya tidak akan mudah hilang dari lidah anda. Awug termasuk jenis makanan cemilan dan umumnya dikonsumsi saat masyarakat Sunda sedang bersantai, sambil diiringi secangkir kopi atau teh hangat. Tradisi membuat awug biasanya dilakukan pada saat masyarakat sedang mengadakan acara hajatan. Oleh sebab itu pada hari-hari biasa, makanan ini sudah jarang kita temukan, kecuali di tempat-tempat tertentu yang biasa menjual berbagai jajanan pasar.


Meskipun terbilang langka, jajanan ini masih bisa ditemukan di beberapa tempat beberapa kota di jawa barat kalau di kuningan berada dijalan siliwangi depan toko dan dijual pada sore menjelang malam. Jika ada lagi pulang kampung ke kuningan jawa barat bisa membelinya hanya ada satu penjual awug itupun kata penjualnya belajar dari bandung apa benar tidaknya penulis tidak tahu. Memang kalau di Bandung penual awug sudah banyak sih.

Tetapi pada dewasa ini kebanyak orang selalu menyangkutkan makanan dengan kesehatan makanya dari pada beli mereka membuat sendiri. Perlu diingat untuk membuat awug yang lezat hanya diperlukan peralatan tradisional yaitu :

1. Langseng atau dandang tembaga
2. Asepan Congcot
3. Hawu 
atau bisa juga Angklo tanah
Jika sudah lengkap maka silahkan membuat awug sesuai resep yang penulis sediakan berupa link resep pembuatan awug. Kenapa harus menggunakan peralatan tradisional tersebut, karena awug adalah makanan tradisional maka semua pealatan harus tradisional jika yang dicari citra rasa awug itu sendiri tetapi hanya ingin mencicipinya saja menggunakan peralatan modernpun sudah bisa. Tetapi kembali ke citra rasa awug itu sendiri. Silahkan membeli awug yang dijual dipinggir jalan di kota anda dengan membeli awug yang ada didesa pelosok Sukabumi tentunya akan berbeda jauh.

Inilah link resep membuat Awug Tepung Beras

Bisikan.com
kreasimasakan
awugcileuyi
resepmasakankreatif

Selamat membuat awung sendiri jangan lupa pilih beras untuk ditumbuk sendiri akan lebih bagus untuk vitamin b1 dan biasakan pola hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah memasak. Salam


PEDAGANG AWUG DI KUNINGAN JABAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti