Senin, 08 Februari 2016

Menulis PHQC dengan printer



Surat izin berlayar karantina kesehatan atau port health quarantine clearance disingkat  PHQC pada umumnya ditulis dengan tangan. Penulis belum menemukan ketentuannya dalam perundang undangannya menggunakan printer khusus atau program khusus untuk mengerjakan printout dengan alat printer. Kenapa penulis berpikiran seperti ini karena untuk mengurangi kesalahan membaca maklum tidak semua tulisan bisa dan mudah dibaca sehingga jika terjadi kesalahan penulisan maka agent pelayaran harus melakukan pembayaran pnbp 2x kasihan kan. 

Walaupun ada rencana tentang penulisan atau suatu aplikasi semua menggunakan digital tapi tentunya memakan waktu yang lama, sambil menunggu aplikasi itu publish ada baiknya kita buat secara manual aja dulu yang penting printoutnya pakai printer sehingga mempercepat pelayanan dokumen kesehatan kapal dapat tercapai. 
Jika anda mau belajar ini caranya jika menggunakan MS Publisher Buka MS Publisher tentukan halaman baru dengan ukuran kertas lebar 16,5 cm dan panjang 21,5 cm

Ukuran yang telah diukur di dokumen PHQC dalam cm cocokan dengan guide dalam master page di ms publisher ( saya anggap anda bisa menggunakan ms publisher standar) tarik krusor di margin ruler tempatkan sesuai ukuran cm dalam bar

Jika anda mengukurnya dengan benar maka tampilnya seperti gambar terakhir
kolom yg harus diisi
hitung jarak dari atas
Hitung jarak dari samping kanan
 





















Ilustrasinya seperi ini





Jika anda mau belajar ini caranya jika menggunakan MS Word dengan menggunakan macro ( developer ) prinsipnya sama dan bantuan link di bawah ini  :
  1. Membuka developer di ms office
  2. Membuat formulir di word  
  3. Show the Developer Tab on the Ribbon
  4. Microsoft Office training

Catatan : 
Perlu dingat setelan untuk kertas printer harus sama dengan settingan pagesetup dokumen, buat custom size dengan nama phqc local printer dengan  ukuran kertas lebar 16,5 cm dan panjang 21,5 cm. Semoga bermanfaat.

Bingung yah hahaha mau praktis download sample disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti