Belajar Menjadi Petani

 Pak Tani ? silahkan mencari di mesin pencari tentunya banyak keterangan mengenai perihal pak Tani ini. Memang pekerjaan pak Tani pasti ditemanin oleh bu Tani tapi tidak selamanya ditemanin kadang bekerja sendirian malahan yang menemani dengan setia hanyalah cangkul, arit dan golok. Jaman sudah berubah pak tani yang menggunakan kerbau untuk membajak sudah tergantikan dengan mesin dan lahan sawah beserta kebunpun sudah mulai hilang digunakan untuk membangun rumah dan bangunan lainnya. 


Tetapi secara naluri setiap manusia yang tersusun dari pertanian dan perkebunan akan terpanggil untuk menggeluti dengan caranya masing masing. Setiap bahan yang akan diolah menjadi makanan tidak akan berhenti dan mati, diperlukan model baru untuk lebih diterima secara umum. Baik dari segi pertanian, perkebunan, peternakan dan lain sebagainya. Tentunya ada yang ditekuni karena kebutuhan sebagai mata pencaharian, semata mata karena hobi atau terbawa lingkungan sekitarnya ada juga mengikuti trend jaman misalanya go green, makananan sehat dan lainnya.

Pak Tani tetaplah pak Tani mau itu model lama atau model baru alasan apapun pak Tani pastinya melakukan tahapan persemaian sampai dengan akhir panen. Bagi pemula yang ingin belajar menjadi Petani tentunya tidak semudah menonton di Youtube atau tutorial baik dari buku, website dan pelatihan yang diikutinya.

Tetapi jika tidak mencobanya pastilah bukan belajar namanya dan kegagalan adalah teman pak tani sebelum menjadi Pak Tani sebenarnya. Jadi mari kita belajar menjadi petani walau hanya sebatas seputaran rumah. Apa sih yang perlu dipersiapkan mari kita belajar dari pengalaman maklum penulis baru belajar jadi petani rumah tangga

APetani Ikan Skala Rumahan

Persiapan untuk beternak ikan untuk pemula adalah :
  1. Kolam ikan apapun modelnya
  2. Bibit ikan ( Ikan Nila, Ikan Lele, Ikan Patin )
  • Untuk yang beralamat di Kota bekasi ( Bekasi Utara ) bisa mengunjungi POKDAKAN  silahkan klik maps di bawah ini :
BPetani Sayur Hidroponik Skala Rumahan

Masa pandemi ini banyak yang tadinya memiliki hobi bertani kaena kesibukan bekerja sehingga banyak yang terkubur sehingga sekaranglah masa menggali lagi hobi yang cukup lama tidak digali dan dipupuk, hal ini karena waktu pengaturan jam bekerja yang tadinya full sekarang kebanyakan dirumah atau WFH sedangkan kerumunan tidak diperbolehkan kecuali dengan standar prosedur pemutusan mata rantai COVID-19. Dari pada jatuh sakit bukan karena penyakit tapi sakit kebanyakan bengong alias stress. Jangan malu mengatakan pemula atau hanya hobi padahal buat ngirit dari pada beli sayur ke pasar desek desekan lebih baik nyibukin diri ngurus tanaman. 

Perlu persiapan untuk menggeluti hidroponik ini sehingga trial errornya ngak kebanyak, apa aja sih ;
  • Banyak banyaklah belajar baik lewat membaca, menonton dan ikuti sosmed. silahkan menyaring informasi sehingga tidak salah arah
  • Buatlah Atap instalasi yang sesuai dengan sumber dan keuangan
  • Pilihlah instalsi yang akan di buat, 
    • Apakah menggunakan DFT Deep Flow Technique adalah salah satu sistem tanam dalam hidroponik yang menggunakan genangan pada instalasi dan menggunakan sirkulasi dengan aliran pelan. Sistem ini menggunakan listik sebagai penggerak pompa agar dapat dengan mudah mensirkulasi nutrsi ke seluruh akar tanaman ( baca info lebih)
    • Atau menggunakan NFT Nutrient Film Technique. Kata film dikarenakan tanaman tumbuh pada aliran tipis yang menyerupai lapisan film (baca lebih)
  • Pilihlah pompa yang sesuai dengan standar lubang sayuran yang ditanam info dikit jika 10 lubang tanam minimal kebutuhan air di penampunga air 30 liter alias 3 Liter/menit
  • Belilah alat pengukur Ph meter bisa juga pake kertas Ph dan TDS meter 
  • Pilihlah Nutrisi AB Mix, dengan kelebihan :
    • Mudah dicari
    • Mudah penerapannya
    • Mudah melarutkannya/ membuat pekatan
    • Menghasilkan Tanaman atau sayuran yang optimal
    • Harganya masih bisa terjangkau
    • Kualitas nya sudah terbukti bukan brand yang dicari tapi hasil akhir nutrisi terhadap tanaman. Penulis rekomendasikan brand paramudita nutrien karena penulis sudah menggunakan dengan hasil memuaskan. Jika mau ujicoba silahkan menimbang sendiri tapi risiko tanggung sendiri. Apa saja Nutri AB Mix nya, inilah dia :

Semoga informasi ini bermanfaat, selamat belajar jadi petani. Inggat setelah ada belajar bertani urban ini anda semakinmenghargai para petani konvensional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Ajah

Bendera Fumigasi Kapal

Name Tag di Lingkungan Kementerian Kesehatan