- Awali pekerjaan Anda dengan Doa

Sabtu, 28 November 2015

Pelatihan Website sebagai Senjata Teknologi SDM


Pelatihan website yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Bagian Program dan Informasi Sekertaris Direktorat Jenderal) bekerjasama dengan babastudio.com  merupakan langkah kedepan dalam mengembangkan SDM tentunya di bawah binaan Ditjen PP dan PL. Untuk mendukung pekerjaan yang semakin cangih baik hardware dan software yang ada di seputar pekerjaan baik di pusat maupun UPT (unit pelaksana teknis) sehingga akan menjadi kekuatan menghadapi pekerjaan masa yang akan datang. Sehingga SDM yang ada di semua unit pelaksana teknis yang merupakan sejata utama gadget biologi yang ada di seluruh Indonesia sudah siap menghadapi era globalisasi dunia.

Pelatihan ini dimulai dari tanggal 23 s.d. 27 Nopember 2015 dimulai jam 08.30 wib sampai dengan jam 15.00 wib setiap harinya. Satu kali snak dan makan siang sebagai penambah daya tahan tubuh. Pelaksanana Pelatihan ditempat pada ruangan rapat lantai 2 di gedung Program dan Informasi. Peserta 20 orang terdiri dari Staf KKP Kelas I Tanjung Priok, KKP Soetta, BBTKL dan Bagian PI dan TU Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Pengajar dari babastudio terdiri dari 2 orang ( Dimas Sri Herdiana dan Zeembry) dalam menyajikan inti sari dari Buku Panduan PELATIHAN WEBSITE DESIGN, PHOTOSHOP, HTML DAN PENULISAN ARTIKEL yang dibagikan kepada peserta setelab 180 halaman, dengan rincian perhari adalah :

Hari Pertama
:
Penyampaian Materi HTML dasar, terapan dan praktek langsung
Hari Kedua : Penyampaian Materi CSS ,terapannya dan praktek langsung
Hari Ketiga : Penyampaian Materi Penulisan artikel dan penggunaan Google Drive
Hari Keempat : Penyampaian Materi Photoshop dan praktek editing
Cara pelatihan dengan penyampaian materi, tanya jawab dan praktek langsung sesuai kasus. Didukung dengan penyediaan internet berupa wiifi yang cukup untuk mendukung proses pembelajaran.

Bagi peserta yang merupakan PNS non basic IT materi ini sangat asing tetapi bagi para PNS yang sering berselancar dan mempelajari keilmuan IT pelatihan ini sebagai alat mengasah keilmuaan yang dimilikinya. Empat hari pelatihan tentunya tidak cukup untuk menjadikan peserta pelatihan MAMPU DAN BISA MENGELOLA WEBSITE tetapi sebagai mengenalan awal mengenai Website menurut penulis pelatihan ini sudah lebih dari cukup, sama hal yang disampaikan oleh Bapak Indra Jaya SKM,M.Epid (Kasubbag Data dan Informasi) dalam penutupan Pelatihan Website. Jadi kapan peserta pelatihan MAMPU DAN BISA MENGELOLA WEBSITE ?, jika peserta pelatihan MEMILIKI KEMAUAN YANG KUAT untuk mempelajari buku panduan pelatihan yang dibagikan juga belajar secara mandiri dan TIDAK TAKUT untuk mempaktekannya. Sehingga suatu saat bisa dipertimbangkan untuk SIAP alias Ready Stock

Pelatihan ini bukan asap tanpa api tentu terprogram dalam menyiapkan SDM di Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemeterian Kesehatan RI yang siap dan mampu bukan hanya pengunna alias low user tetapi high user atau Super Admim dalam pengelolaan website selain tenaga PNS yang memang penerimaannya dan berdasar pendidikan Ilmu informatika. Sehingga bisa mengoptimalkan PNS dalam segi kemampuan tanpa harus mengambil perekrutan tenaga baru low IT kecuali dalam kasus tertentu.



Saran

Bagian Program dan Informasi Sekertaris Direktorat Jenderal agar mengadakan Pelatihan yang menyangkut Program dan Informasi Publik, seperti :

  • Pelatihan membuat media publikasi selain website ( majalah, buletin, newpaper, jurnal dll)
  • Pelatihan mengambil photo dengan kamera DSLR untuk keperluan media elektronik dan media cetak
  • Pelatihan membuat media informasi ( brosur, leaflet, baner, spanduk, poster dll)
  • Pelatihan membuat dan mengedit video kegiatan dan mempublikasikannya
  • Pelatihan Software Adobe Grup, Corel Grup, Freehand dll

Semoga tulisan liputan ini bisa mermanfaat untuk pembaca, terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bertutur sapa yang sopan dan tidak memberikan link spam. terimakasih

Dimanapun kita tinggal akhirnya akan kembali kepada keluarga inti